LONDON, Bagi pelaku bisnis di Barat, akhir tahun adalah peluang emas buat mendapatkan pemasukan sebanyak-banyaknya karena pada periode ini warga berburu hadiah Natal.
Di Inggris misalnya, toko beramai-ramai memasang iklan di televisi dengan harapan pembeli berjejal mengunjungi toko mereka dan tentu saja membeli aneka hadiah.
Tema iklan adalah soal perayaan Natal dan biasanya setelah iklan pertama kali ditayangkan, media dan warga - melalui media sosial - membahas dan berdebat siapa yg paling bagus.
Berbeda dengan sejumlah toko lain, Amazon memilih pendekatan tidak biasa, bahkan tidak ada nuansa Natal sama sekali dalam iklan mereka.
Kalau pun ada nafas Natal, ini digambarkan secara halus melalui pesan bertukar hadiah.
Iklan Amazon menampilkan beberapa sahabat lama, yg kebetulan adalah seorang imam dan pendeta. Keduanya digambarkan akrab bercengkerama di ruang tamu sambil minum teh.
Dari sinilah diketahui kalau sang imam dan pendeta sama-sama mengalami sakit lutut, yg mendorong keduanya buat membeli hadiah dari toko daring Amazon berupa alat bantu bagi meringankan gangguan lutut tersebut.
Garis cerita yg sederhana tetapi mengena dan ternyata melalui diskusi yg sangat panjang.
Tidak cuma itu, Amazon berkonsultasi dengan Gereja Inggris, Dewan Muslim Inggris Raya, dan Forum Islam Kristen.
Bahkan, beberapa pria yg menjadi aktor penting dalam iklan sehari-harinya adalah imam dan pendeta, merupakan Zubeir Hassam (Kepala Sekolah Islam di Leicestershire) dan Pendeta Gary Bradley.
"Kami tidak ingin membuat kesalahan karena kita sadar bahwa tema besar iklan ini sebenarnya sangat sensitif," kata Direktur Iklan Amazon, Simon Morris, seperti dikutip koran pagi Metro.
'Kami membahasnya secara mendalam dan butuh waktu berbulan-bulan bagi membuat konsep iklan ini ... kalian ingin pesan kita dapat ditangkap dengan baik dan pada ketika yg sama ada penghormatan kepada agama," ungkap Morris.
Ia menambahkan bahwa pesan penting iklan Amazon adalah 'peduli dengan orang lain'. Sejak pertama kali tayang, netizen di Inggris memuji iklan ini.
Pengguna Twitter, Faraz Ali, mengatakan, "Sangat suka dengan iklan Natal dari Amazon ... iklan yg pas menggambarkan cinta, toleransi, perdamaian, dan persahabatan yg tidak terhalangi oleh sekat-sekat agama."
Donna Knight sementara itu menulis, "Jujur saja, iklan Amazon sangat keren." Senada dengan Nona Knight, Celie O'Neil-Hart menggambarkan iklan ini sangat indah.
Source : internasional.kompas.com
0 komentar:
Posting Komentar